Lomba Desain Becak Jogja Istimewa yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan DIY memiliki tujuan untuk mengangkat kembali citra moda transportasi lokal di DIY. Lomba yang diadakan dengan mengacu pada Perda No. 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Tradisional Becak Dan Andong memiliki visi untuk melestarikan Becak Jogja tidak hanya sebagai moda transportasi namun juga sebuah warisan budaya yang memiliki filosofi kearifan lokal Jogja. Lomba ini juga membawa misi mendukung pariwisata DIY karena dengan menampilkan becak Jogja dengan lebih menarik dan atraktif namun tetap nyaman dikendarai, becak Jogja sangat potensial menjadi salah satu ikon baru  pariwisata DIY.

 

Tujuan dari lomba ini adalah:

  • Memperoleh desain becak yang sesuai Perda No. 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Tradisional yaitu desain yang kreatif inovatif terutama pada bagian spekbor becak.
  • Desain yang diharapkan adalah desain orisinil yang mengacu pada elemen-elemen lokal khas Jogja dan mengandung filosofis luhur yang tumbuh dalam masyarakat Jogja.
  • Elemen desain juga harus tetap memperhatikan kenyamanan pengemudi becak.

Dengan mengacu pada visi, misi, dan tujuan kegiatan ini, maka pelaksanaan Lomba Becak Jogja Istimewa idealnya melibatkan masyarakat Jogja secara luas terutama kaum kreatif Jogja yang mampu menciptakan kreasi-kreasi seni yang nantinya akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan Becak Jogja. Namun lomba ini juga tidak menutup kemungkinan diikuti oleh para peserta dari luar DIY dengan tetap mengacu pada filosofi dasar dan nilai-nilai kearifan Jogja.